Misalnya : saat sekarang pkl 17.23, setelah Anda sibuk kerja seharian atau dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil sendirian. Tiba-tiba anda merasakan sakit yang sangat di dada dan mulai menjalar ke lengan dan dagu. Tapi jarak ke RS yang tersedakt masih 5km, lebih celakanya Anda tidak tahu apakah Anda mampu bertahan sampai sejauh itu.

Saat sendirian, kena serangan jantung, bagaimana cara pertolongan pertamanya...?

Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai waktu kira-kira 10detik, setelah itu akan hilang kesadaran & pingsan. Jika sekitarnya tidak ada orang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat ini usaha untuk menolong dirinya sendiri.

Harus bagaimana...?

Jawabannya.... JANGAN PANIK, USAHAKAN BERBATUK TERUS DENGAN SEKUAT TENAGA, SETIAP KALI SEBELUM BATUK, HARUS TARIK NAFAS DALAM-DALAM KEMUDIAN BERBATUK DENGAN KUAT-KUAT, DALAM-DALAM DAN PANJANG-PANJANG, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada dalam dada. SETIAP SELANG 2 DETIK HARUS TARIK NAFAS SEKALI & BERBATUK SEKALI. Hingga pertolongan tiba, atau kalau merasa denyut jantung sudah normal, baru boleh beristirahat.

Tujuan tarik nafas : untuk memasukan oksigen ke dalam paru-paru

Tujuan batuk : untuk menekan jantung, agar aliran darah bersikulasi.
Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal.

Pertolongan cara ini maksudnya agar penderita mempunyai kesempatan untuk pergi kerumah sakit.
source : Article Published On No 20 of Journal Of General Hospital Rochester

Jangan kira bila umur Anda kurang dari 30, tidak mungkin dapat serangan jantung...!!!

Siapa tau dengan mennyalurkan hal ini, Anda dapt menolong 1 nyawa.



our Fan Page On Facebook : Aku Ingin Sehat On Twitter AkuInginSehat211

0 komentar